logo

PRAMUKA SMAN 2 BONDOWOSO MELAKUKAN PENJELAJAHAN KE KECAMATAN TLOGOSARI

pengembaraan pramuka4

Salah satu kegiatan menarik dari Ambalan Watulessy RakanyawaPangkalan SMAN 2 Bondowoso adalah kegiatan penjelajahan. Penjelajahan berupa lintas alam melalui jalur yang sudah ditentukan. Dengan penjelahan ini diharapkan dapat membentuk mental yang kuat, fisik yang tangguh selain ketrampilan lainnya seperti kepemimpinan, tanggung jawab, dan kekompakan. Penjelajahan diakukan di sekitar wilayah Bondowoso. Pada hari Jumat tanggal 6 Oktober 2023 selama 2 hari anggota Ambalan Watulessy RakanyawaPangkalan SMAN 2 yang terdiri dari 54 peserta berjalan kaki menuju kecamatan Tlogosari. Peserta terdiri dari semua angkatan yaitu kelas X, XI, dan XII.

Penjelajahan diawali dengan upacara sekaligus pengarahan oleh Pembina Pramuka. Dalam arahannya pembina pramuka yaitu Kakak Erfan sumantri S.Pd. M.Pd dan Kakak Rianita S.Pd. mengingatkan kembali untuk senantiasa bekerja sama dan kompak dalam perjalanan. Diharapkan kegiatan ini bisa memberikan pengalaman yang menyenangkan dan memiliki nilai edukasi bagi seluruh peserta.

pengembaraan pramuka 1

Pada jam 15.30 seluruh peserta mulai bergerak dari lapangan serba guna SmaDa dengan berjalan kaki menuju lokasi tujuan yaitu kecamatan Tlogoari. Perkiraan jarak yang akan ditempuh oleh seluruh peserta adalah 18 Km dengan durasi tempuh adalah 6 jam termasuk waktu istirahat dan ketika peserta melakukan ibadah di sepanjang jalan. Untuk menjaga kelancaran kegiatan ini turut serta beberapa kakak pembina ambalan Watulessy Rakanyawa.

Dalam kegiatan ini para peserta juga membawa berbagai macam perlengakapan dan perbekalan. Karena setelah sampai ditujuan mereka nanti akan mendirikan tenda sebagai tempat untuk bermalam. Selain itu perlengkapan lain juga dibawa seperti P3k, stop watch/jam tangan, sepatu, pakaian sesuai keadaan, Tenda, Tas, Jas hujan, Perlengkapan mandi termasuk juga logistik dan kompor gas.

Sekitar jam 22.30 Wib seluruh peserta telah tiba ditempat tujuan. Bertempat di halaman rumah dinas perhutani yang ada di Kec. Tlogosari. Cuaca malam terasa cukup dingin karna memang saat ini berada di  musim kemarau selain juga karena lokasi tujuan berada di daratan yang cukup tinggi. selanjutnya seluruh peserta mendirikan tenda dan mempersiapkan logistik untuk menu makan malam dan ajang silaturahmi dan ditutup dengan istirahat malam.

Pada tanggal 7 Oktober tepatnya siang hari seluruh peserta kembali ke pangkalan dengan menggunakan kendaraan umum. Syukur Alhamdulilah seluruh peserta tiba dengan selamat dalam kondisi yang sehat. Berbagai cerita menarik menjadi buah manis yang lahir dari kegiatan ini. Pengalaman yang akan terus dikenang sepanjang masa oleh para peserta kegiatan. Peserta berharap kegiatan ini akan terus berlanjut di masa masa yang akan datang.

pengembaraan pramuka3

pengembaraan pramuka2

SMA Negeri 2 Bondowoso | Jl. Letjend Suprapto 153 Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia | Telp: 0332 421822, Fax: 0332 431730



supported and maintenanced by Pusat Sumber Belajar (PSB) SMA Negeri 2 Bondowoso | panjisetioutomo