logo

EKSPEDISI PAFF KE GUNUNG ARGOPURO

paff2023

Pecinta Alam Flora dan Fauna (PAFF) SMA Negeri 2 Bondowoso kembali melakukan ekspedisi ke Gunung Argopuro. Dipimpin pelatif PAFF, Mas Andarmadi S.Pd tim yang beranggotakan 14 Anggota berangkat dari halaman SmaDa pada hari senin , tanggal 10 Juli 2023. Direncakan waktu tempuh perjalanan adalah 5 hari 4 malam. Dengan menaiki mobil ELF Long, Tim PAFF SMADA berangkat pada jam 08.00 dengan terlebih dahulu melalukan apel sekaligus berdoa memohon kepada sang pencipta supaya perjalanan ekspedisi ini diberi kemudahan dan keselamatan sampai kembali di sekolah. Tim selanjutnya berangkat menuju pintu masuk yang terletak di Desa Baderan Kabupaten Situbondo. Selanjutnya mereka merencanakan nanti akan keluar di pintu Bermi yang terletak di Kabupaten Probolinggo. Keuntungan dengan rute ini adalah tim bisa menikmati seluruh rute Gunung Argopuro.

Sesampai di pintu masuk Baderan, selanjutnya tim berganti dengan menaiki ojek yang sekarang dapat melayani rute sampai batas yang telah ditentukan. Ini dengan pertimbangan untuk menghemat tenaga dan waktu apalagi memang sudah tersedia layanan ojek tersebut. Beruntung ada wali murid yang kebetulan berdinas di perhutani dan ikut memantau perjalanan sehingga membantu memperlancar perjalanan ekspedisi.

paff2023-2

Rute pendakian gunung Argopuro menawarkan berbagai pemandangan yang menarik. Mulai dari pesona alam seperti savana, hutan cemara, Hutan Lumut, Hutan edelwais, Sungai qalbu, Danau Taman Hidup. Tim juga dapat melihat keragaman fauna yang sudah jarang terlihat di alam bebas seperti burung merak dan burung2 kecil lainnya.

paff2023-3

Terdapat juga cerita sejarah karena konon di Jaman Jepang dulu, salah satu tempat yang dilewati namanya Cikasur menjadi landasan Udara bagi tentara Jepang. Dan, untuk membangun landasan tersebut banyak warga lokal yang diperbudak, dipekerjakan secara paksa. Termasuk juga certita mistis yang konon banyak dialami oleh para pendaki. Semua melengkapi perjalanan indah mendaki Gunung Argopuro.

Akhirnya pada hari Jumat, Jam 21.00 Tim Ekspedisi tiba kembali dengan selamat di sekolah di sambut oleh pembina PAFF yaitu Bapak Budi Satriya S.Pd. Pembina PAFF berharap mudah2an perjalanan ini memberikan pengalaman yang bermanfaat kepada seluruh tim khususnya anak anak yang saat ini sedang menimati liburan akhir semester genap.

SMA Negeri 2 Bondowoso | Jl. Letjend Suprapto 153 Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia | Telp: 0332 421822, Fax: 0332 431730



supported and maintenanced by Pusat Sumber Belajar (PSB) SMA Negeri 2 Bondowoso | panjisetioutomo