logo

SMAN 2 BONDOWOSO OBSERVASI KE KAWAH WURUNG DAN PENGOLAHAN KOPI DALAM PROYEK P5 TEMA KEARIFAN LOKAL

p5 ijen

Salah satu program kegiatan dari Kurikulum Merdeka adalah Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Ada 9 tema Proyek Profil Pelajar Pancasila yang nantinya akan dilakukan sampai kelas XII. Yaitu 1. Gaya Hidup Berkelanjutan. 2. Bhineka Tunggal Ika 3.Kearifan Lokal 4. Bangunlah jiwa dan raganya. 5. Suara Demokrasi 6. Berekayasa dan Berteknologi untuk membangun NKRI 7. Kewirausahaan 8. Kebekerjaan 9. Budaya Kerja.

WhatsApp Image 2023-06-07 at 05.57.15 1

Saat ini peserta didik kelas X SMA Negeri 2 bondowoso sudah menyelesaikan 2 proyek dan sedang melakukan proyek yang ke tiga yaitu Kearifan Lokal. Proyek ini dikemas dengan tema Bondowoso Tempoe Doeloe. Pada Proyek kali ini Peserta didik diajak untuk mencintai BONDOWOSO dengan mengenal identitas, budaya dan potensi yang dimiliki Kabupaten Bondowoso. Untuk mencapai tujuan ini maka ada 3 tahap kegiatan yang telah disusun yaitu tahap pertama adalah apersepsi/pengenalan dengan membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya menjaga eksistensi situs-situs kearifan lokal di Bondowoso. Tahap kedua adalah kontekstualisasi yang berisi kegiatan mendalami informasi dan menganalisis permasalahan terkait dengan topik yang diambil dan tahap yang ketiga adalah aksi dimana peserta didik merumuskan peran yang dapat dilakukan guna menumbuhkan kesadaran dan dorongan diri untuk melestarikan, mengapresiasi, serta mempromosikan budaya dan tradisi lokal daerah melalui aksi nyata melalui program-program yang menjadi fokus kegiatan.

Sesuai dengan tahapan diatas, maka pada hari selasa tanggal 6 Juni 2023 peserta didik diajak secara bergelombang melakukan observasi ke Kawah Urung dan Pengolahan kopi.  Sejumlah 120 siswa mengikuti kegiatan yg merupakan gelombang kedua didampingi 10 guru sebagai pendamping. Rombongan berangkat dari sekolah jam 06.00 menggunakan kendaraan dari KODIM Bondowoso, POLRES Bondowoso,  SATPOL PP Kab. Bondowoso juga kendaraan sekolah. Sampai di kawah Wurung berbagai kegiatan dilakukan oleh rombongan sesuai dengan agenda yang telah disusun. Masing2 Kelompok melakukan observasi tentang data2 kawasan.

WhatsApp Image 2023-06-07 at 05.57.15 3

Potensi yang dimiliki, termasuk juga dengan membuat konten2 kreatif berupa foto dan video yang nantinya bisa mendukung potensi kawasan kawah wurung. Setelah 3 jam melakukan kegiatan di kawasan tersebut, rombongan kemudian bergerak ke tujuan kedua yaitu observasi pengolahan kopi. Di tempat ini rombongan mendapatan informasi mulai dari cara memanen Kopi, Pengupasan kulit kopi, Pencucian dan pengeringan, Pengayaan, pensortiran biji kopi, penyimpanan termasuk juga langsung merasakan kopi yang dihasilkan dari proses tersebut. Akhirnya kegiatan di tempat pengolahan kopi berakhir pada jam 14.00 kemudian rombongan kembali melanjutkan perjalanan menuju sekolah. Dan Alhamdulilah tiba kembali di sekolah sesuai dengan waktu yang itentukan dengan selamat.

WhatsApp Image 2023-06-07 at 05.57.15 2

SMA Negeri 2 Bondowoso | Jl. Letjend Suprapto 153 Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia | Telp: 0332 421822, Fax: 0332 431730



supported and maintenanced by Pusat Sumber Belajar (PSB) SMA Negeri 2 Bondowoso | panjisetioutomo