logo

SMAN 2 BONDOWOSO TERBANYAK LOLOS KSN TINGKAT PROPINSI di KABUPATEN BONDOWOSO TAHUN 2023

osnk2023-2

SMAN 2 BONDOWOSO mencatatkan prestasi yang membanggakan di ajang bergengsi yaitu Kompetisi Sains Nasional (KSN) Jenjang SMA/MA dengan meloloskan 9 siswa tebaiknya untuk melaju di KSN tingkat Propinsi Jawa Timur Tahun 2023. Sembilan siswa yang sudah dinyatakan lolos adalah

Bidang Informatika

1. Octavia Eka Nurtriana Ningrum (XI MIPA 1)

2. Raihan Ahmad Hafidz Gymnastiar (XI MIPA 1)

Bidang Kebumian

1. Rizki Amanah Tullah (XI IIS 1)

2. Sofiyah Nadhira Sholihah (XI IIS 1)

Bidang Biologi

1. Zakiyyah Zainab (XI MIPA 5)

Bidang Matematika

1. Favian Arya Berthold Fausta (XI MIPA 5)

2. Farah Maulidya Ariesta (X B)

Bidang Geografi

1. Adinda Triwulandari ( XG )

Bidang Fisika
1.Malika Zahro Nadia Aulia. (XI MIPA 1)

osnk2023-4

Kelulusan ini didasarkan kepada ketentuan passing grade sehingga peserta yang memenuhi nilai tertentu akan dinyatakan lolos ke babak berikutnya. Sistem ini memugkinkan satu kabupaten/ kota memiliki peluang meloloskan lebih dari 3 peserta untuk setiap bidang mata pelajaran. Atau bisa jadi kurang bahkan tidak meloloskaan satupun siswa di babak berikutnya.


Kompetisi Sains Nasional merupakan agenda rutin setiap tahun yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional yang ditetapkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia yang menaungi seluruh pelaksanaan lomba, kompetisi, dan festival di Indonesia, guna meningkatkan mutu pendidikan dan meningkatkan kwalitas peserta didik dalam menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.


Perlu diketahui bahwa sejak tahun 2020 KSN-k ini dilaksanakan secara daring (online)dimana peserta mengerjakan soal melalui CBT (Computer Based Test) sehingga diharapkan ditengah masa pandemi covid 19 yang melanda siswa tetap berprestasi dengan mengutamakan prinsip keselamatan dan Kesehatan.

osnk2023-3

Pada jenjang SMA, bidang sains yang dilombakan terdiri dari Astronomi, Biologi, Ekonomi, Fisika, Geografi, Informatika/Komputer, Kimia, Kebumian, Matematika. Lomba ini dilaksanakan secara bertahap, yang terdiri atas:

  1. Tahapan seleksi tingkat sekolah disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional tingkat Sekolah (KSN-S)
  2. Tahapan seleksi tingkat kabupaten/kota disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional tingkat Kabupaten/Kota (KSN-K)
  3. Tahapan seleksi tingkat provinsi disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional tingkat Provinsi (KSN-P)
  4. Tahapan seleksi tingkat nasional disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional (KSN)

Tentu tidak mudah untuk memperoleh hasil tersebut, proses pembimbingan dilakukan secara intens baik secara internal maupun eksternal. Secara Internal misalnya dengan melakukan pola pembimbingan terjadwal setiap minggu di sekolah yang dilakukan oleh Bapak/Ibu guru sesuai dengan bidangnya. Secara eksternal dengan melakukan kerja sama dengan lembaga pendidikan lain yang memiliki mentor-mentor yang pernah menjuarai ajang KSN. Hal ini bisa dilakukan karena peran orang tua yang senantiasa memberikan dukungan kepada sekolah untuk terus berprestasi.


Bapak Drs. JARIMIN. M.Pd selaku Kepala SMAN 2 Bondowoso sangat bangga kepada peserta didik yang telah berpestasi dan berpesan untuk terus berprestasi setinggi tingginya sampai ke tingkat nasional. "Selamat untuk anak anak dan pembinanya, atas prestasi lolos ke ajang Propinsi dan mudah mudahan akan terus berlanjut ke jenjang yang lebih tinggiā€¯ pungkas beliau.

 Elearning | Perpustakaan | Sosial Network | PSB | Helpdesk | Absensi | Pengumuman Kelulusan

SMA Negeri 2 Bondowoso | Jl. Letjend Suprapto 153 Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia | Telp: 0332 421822, Fax: 0332 431730



supported and maintenanced by Pusat Sumber Belajar (PSB) SMA Negeri 2 Bondowoso | panjisetioutomo