logo

SMADA Salurkan 600 paket Zakat Fitrah di 7 Kecamatan

zakat3

Sebagaimana pada tahun-tahun sebelumnya, pada Bulan Ramadhan 1444 H ini, SMAN 2 BONDOWOSO melaksanakan kegiatan Religi dan sosial berupa pengumpulan dan pembagian Zakat Fitrah kepada warga yang membutuhkan. Ini tentu sesuai dengan tuntunan agama yaitu selain melaksanakan puasa dan salat, pembayaran zakat fitrah merupakan salah satu ibadah yang perlu ditunaikan di bulan Ramadan. Selain untuk mensucikan diri, zakat atau sedekah juga diartikan sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama. Saling berbagi kebahagiaan dan kemenangan di hari raya yang dapat dirasakan semuanya termasuk masyarakat miskin yang serba kekurangan. Olehkarena itu melaui OSIS SMADA Bondowoso melakukan penggalangan zakat dari warga sekolah.

Kegiatan ini dilaksanakan pada 7 Mei 2023 yang terbagi menjadi beberapa tahapan kegiatan, yaitu

1. Pengumuman pengumpulan zakat melalui surat edaran kepada seluruh warga sekolah.

2. Pengumpulan Zakat Fitrah ( Beras/Uang ) ke ruang OSIS : 10 – 14 April 2023
3. Pendataan Penerimaan zakat : 13 – 14 April 2023
4. Pendistribusian Zakat : 17-18 April 2023

zakat1

Pada hari pertama zakat yang telah diperoleh oleh panitia kemudian dIdistrubisikan kepada warga yang berada di sekitar lingkungan SMAN 2 BONDOWOSO. Termasuk juga sebagian warga yang berada di kelurahan Badean, Desa Sukowiryo dan Kecamatan Curahdami. Turut berpartisipasi dalam kegiatan ini adalah pengurus OSIS didampingi oleh Bapak/ibu guru pembina yang bertugas serta tenaga kependikan. Petugas mendatangi rumah rumah warga yang telah ada di dalam data. Pada sekitar jam 14,00 WIB kegiatan distribusi zakat pada hari pertama ini selesai.

Pada hari kedua dilanjutkan dengan mendistribusikan di beberapa tempat yang cukup jauh. Dimulai dengan menuju ke Kecamatan curahdami desa Locare, kemudian berturut turut ke Kecamatan tegalampel desa Sekarputih, Kecamatan Klabang desa Pandak, Kecamatan Sukosari, Kecamatan Sumber Weringi Desa Leggen, berakhir di Kecamatan Tlogosari.

zakat2

Pada tahun ini panitia berhasil mendistribusikan kurang lebih 600 paket zakat dengan berat 3 Kg. Bapak. M saleh, M.Ag. selaku ketua pelaksana mengharapkan agar dengan pelaksanaan pengumpulan dan penyaluran Zakat Fitrah ini selain karna melaksanakan kewajiban agama juga bisa menambah rasa empati dan kepedulian terhadap sesama. Khususnya manambah rasa kepedulian kepada anak anak yang telah turun langsung menyerahkan zakat kepada warga masyarakat.

SMA Negeri 2 Bondowoso | Jl. Letjend Suprapto 153 Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia | Telp: 0332 421822, Fax: 0332 431730



supported and maintenanced by Pusat Sumber Belajar (PSB) SMA Negeri 2 Bondowoso | panjisetioutomo