logo

SEMANGAT KARTINI DI SMA NEGERI 2 BONDOWOSO

bazar2

Sangat menarik kreasi yang disuguhkan oleh OSIS SMAN 2 Bondowoso dalam memperingati Hari Kartini 2023. Selama 2 hari yaitu tanggal 14 – 15 April 2023 digelar berbagai kegiatan meriah yaitu Monolog tentang tokoh pahlawan, Membantik, Tarian tunggal dari berbagai daerah di Indonesia dan juga dengan mengadakan bazar.

Semarak Kartini yang mengambil tema “Melestarikan kearifan Lokal Dengan Teladan Kartini” diikuti oleh seluruh kelas X dan XI melalui wakilnya masing masing. Seluruh siswa dalam kegiatan ini menggunakan busana nasional yaitu kebaya bagi siswi dan siswanya berpakaian batik. Tentu peringatan ini bertujuan untuk menghormati dan menteladani perjuangan R.A.Kartini untuk mewujudkan kesetaraan kesempatan antara laki-laki dan perempuan di era modern terutama dalam bidang pendidikan dan secara umum kesetaraan gender di semua bidang.

kartini

Kegiatan disambut dengan antusias oleh seluruh warga sekolah terbukti dengan ramainya kegiatan baik kegiatan yang didalam aula maupun di lapangan serba guna. Di aula digelar berbagai macam pertunjukan budaya sementara di lapangan serba guna dilakukan  kegiatan Bazar. Berbagai jenis makanan dan minuman ditampilkan di stan yang telah dsiapkan oleh pihak panitia. Pengunjung juga dipersilahkan untuk membeli hasil kreasi dari anak anak. Apalagi dalam susana bulan suci Ramadhan sehingga bisa dijadikan menu berbuka oleh pengunjung.

Untuk menambah semangat para siswa dalam mempersiapkan pertunjukan , maka semua penampilan dilombakan. Tampak banyak bakat yang muncul dari pementasan tersebut, seperti Monolog. Acara ini banyak mendapatkan apresiasi karna berbagai macam gaya dan gestur peserta. Selain tentu menambah wawasan audiens tentang kisah kisah kepahlawanan dari cerita yang disajikan.

bazar1

Demikian juga lomba membatik pada hari pertama. Kekayaan budaya bangsa yang dirasa semakin berkurang. Menjadi kesempatan di hari Kartini untuk memperkenalkan budaya membantik, paling tidak kegiatan ini bisa menambah pengetahuan dan wawasan serta pemahaman terhadap budaya batik itu sendiri apalagi batik telah diakui oleh United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO) sebagai salah satu warisan budaya.

Tak kalah meriah pada hari kedua masuk pada penampilan Tarian Tunggal yang menampilkan kesenian tari nusantara. Aplause dari pengunjung begitu riuh terdengar setiap penari menampilkan kebolehannya. Sangat membanggakan karna generasi muda masih terus melestarikan kekayaan budaya bangsa. Bapak rendy selaku pembina manyampaikan banyak manfaat yang dapat diambil dari Kegiatan peringatan Hari Kartini ini, diantaranya dapat menyaurkan bakat dan minat siswa/i sekaligus membangkitkan pelestarian seni dan membangun kearifan lokal.

WhatsApp Image 2023-04-16 at 17.18.08

SMA Negeri 2 Bondowoso | Jl. Letjend Suprapto 153 Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia | Telp: 0332 421822, Fax: 0332 431730



supported and maintenanced by Pusat Sumber Belajar (PSB) SMA Negeri 2 Bondowoso | panjisetioutomo