logo

DONOR DARAH DI SMA NEGERI 2 BONDOWOSO

Donordarah1

Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja ( PMR ) SMA NEGERI 2 BONDOWOSO bekerjasama dengan UPT PMI Cabang Kabupaten Bondowoso menggelar kegiatan Donor Darah yang dilaksanakan di Aula Serba guna pada Rabu, 15 Pebruari 2023.

Donor Darah merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap Tahun oleh Ekskul PMR SMA NEGERI 2 BONDOWOSO. Kegiatan ini diikuti oleh warga sekolah yang terdiri dari Guru, tenaga kependidikan dan peserta didik di SMA NEGERI 2 BONDOWOSO.

Ketua pelaksana kegiatan yaitu Dini Mi'ratul menyampaikan bahwa kegiatan donor ini bertujuan untuk mengembangkan rasa kepedulian siswa kepada sesama manusia. Mengingat banyak pihak membutuhkan pertolongan dengan transfusi darah. Oleh sebab itu PMR memandang perlu bekerjasama dengan PMI untuk membantu mencukupi ketersediaan kantong darah di wilayah Bondowoso.

Ibu Aliza Zhafarina, S.Sosio., S.H selaku Pembina PMR SMA NEGERI 2 BONDOWOSO menambahkan, kegiatan donor ini selain untuk mengembangkan rasa kemanusiaan, donor darah juga memberikan manfaat bagi si pendonor sendiri. Dalam flyer yang dibagikan panitia, disampaikan beberapa manfaat yang dapat diperoleh oleh pendonor antara lain meningkatkan produksi sel darah merah, menjaga kesehatan jantung, dan mendorong menurunkan berat badan

Tentu tidak semua orang bisa menjadi pendonor. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk ikut serta dalam kegiatan donor darah yaitu berusia 17 tahun hingga 70 tahun. Berat badan minimal adalah 45 kg dengan tekanan darah sistole di bawah 150 dan diastole di bawah 100 untuk orang dengan tekanan darah yang cenderung tinggi. Sementara, orang dengan tekanan darah rendah, tekanan darah sistole/diastole yang dianggap aman adalah 90/50 mmHg,”.

Sesuai Jadwal, kegiatan donor darah dimulai pada jam 08.00 hingga selesai. Ikut Tercatat jumlah pendonor pada hari ini sejumlah 60 lebih peserta didik dan Semoga partisipasi warga SMA Negeri 2 Bondowoso bisa membantu warga masyarakay yang membutuhkan transfusi darah.

SMA Negeri 2 Bondowoso | Jl. Letjend Suprapto 153 Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia | Telp: 0332 421822, Fax: 0332 431730



supported and maintenanced by Pusat Sumber Belajar (PSB) SMA Negeri 2 Bondowoso | panjisetioutomo