logo

Pelantikan Pramuka Penegak Bantara SMAN 2 Bondowoso

Bantara1

Pada hari Jumat tanggal 10 Pebruari 2023 bertempat di lapangan serba guna SMA Negeri 2 Bondowoso berlangsung kegiatan Pelantikan Penegak Bantara. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh anggota Ambalan Watulessy Rakanyawa Pangkalan SMAN 2 Bondowoso kelas X.

Penegak Bantara adalah suatu tingkatan Syarat-syarat Kecakapan Umum pertama dalam satuan Pramuka Penegak sebelum Penegak Laksana. Golongan Pramuka Penegak yang belum menyelesaikan Syarat-syarat Kecakapan Umum (SKU) Penegak Bantara belum dianggap sebagai Pramuka Penegak dan disebut sebagai “Tamu Ambalan” atau “Tamu Penegak”.

bantara2

Sebelum pelantikan, seluruh calon penegak bantara telah mengikuti serangkaian ujian SKU ( Syarat Kecakapan Umum ). Para calon penegak bantara berusaha untuk memenuhi berbagai macam tugas dan materi yang termuat dalam syarat kecakapan Penegak bantara. Kecakapan tersebut kemudian diuji oleh penguji SKU yang terdiri dari pembina sesuai dengan keahlian masing masing mata uji SKU. Kecakapan yang tertuang didalam SKU antara lain terdiri dari Kecakapan Spritual, Emosional, Sosial, Intelektual, dan Fisik

Acara pelantikan dimulai pukul 14.00 WIB. Bertindak sebagai pembina adalah Kak Erfan Sumantri. Dalam sambutannya pembina upacara menyampaikan bahwa dengan dilantiknya anggota pramuka menjadi anggota penegak bantara dapat membangun karakter yang baik. Karakter penegak bantara yang memiliki semangat berusaha yang tinggi, memiliki prinsip yang kokoh dalam kehidupan, peduli terhadap lingkungan masyarakat, serta memiliki loyalitas yang tinggi terhadap kelompoknya..

Semua calon penegak bantara dilantik oleh Pembina Pramuka SMADA Bondowoso. Secara umum rangkaian Acara pelantikan berjalan dengan lancar. Terakhir adalah harapan kepada kakak kakak anggota baru penegak bantara, bisa mengemban amanah yang telah diberikan dan menjadikan pramuka menjadi organisasi yang semakin maju dan berkembang.

SMA Negeri 2 Bondowoso | Jl. Letjend Suprapto 153 Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia | Telp: 0332 421822, Fax: 0332 431730



supported and maintenanced by Pusat Sumber Belajar (PSB) SMA Negeri 2 Bondowoso | panjisetioutomo