logo

SMADA BONDOWOSO MENDOMINASI OSN TINGKAT KABUPATEN 2024

OSNK 2024

Prestasi membanggakan berhasil diraih oleh siswa siswi SMAN 2 Bondowoso dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Kabupaten Bondowoso tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang diselenggarakan pada 25 s.d 27 Maret dan diumumkan pada tanggal 18 April 2024.

Ini adalah ajang yang sangat bergengsi karna menjadi sebuah ajang unjuk talenta di bidang Sains yang diselenggarakan untuk peserta didik SMA/MA/Sederajat. Kegiatan ini diselenggarakan secara bertingkat dimulai dari tingkat sekolah (OSN-S), kabupaten/kota (OSN-K), tingkat provinsi (OSN-P), sampai ke tingkat nasional (OSN). Dengan Mekanisme secara bertingkat ini juga dapat memberikan kesempatan yang sama dan adil bagi peserta didik di seluruh Indonesia untuk berprestasi dan menjadi bibit-bibit talenta potensial. Kegiatan OSN merupakan wahana aktualisasi unjuk prestasi peserta didik, yang juga menjadi momentum untuk menemukan anak-anak berbakat atau yang mempunyai potensi talenta di atas rata-rata.

Oleh karena itu perlu persiapan dan stategi sebelum berlomba. Salah satunya adalah dengan membentuk Tim OSNmelalui tahapan seleksi yang dilakukan oleh para pembina yang notabenenya adalah guru guru pengampu bidang studi sains di sekolah. Setelah terpilih mereka menjalani pembinaan secara intensif selama kurang lebih  2 bulan oleh masing masing pembina.

Tidak mudah tentu meraih prestasi di ajang OSN, perlu usaha keras melalui pembinaan dan kerja sama dari seluruh tim yang terlibat sehingga peserta didik SMAN 2 Bondowoso berhasil meraih hasil yang membanggakan dan menunjukkan keunggulan dalam mata pelajaran sains yang dilombakan yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi. Akhirnya 10 peserta didik yang menjadi bagian dari tim OSN SMAN 2 Bondowoso berhasil lolos pasing grade dan menjadi juara tingkat Kabupaten.

10 peserta didik yang berhasil lolos OSN tingkat Kabupaten/Kota adalah :

  1. Farah Maulidya Ariesta XI Matematika.
  2. Khoirunnisa’ Inayah Syafiqoh XI Matematika.
  3. Muhammad Fadillah XI Matematika.
  4. Devon Kenneth Benedict XI Kimia.
  5. Farel Akmal Herdiansyah XI Kimia.
  6. Daffa Aufa Afif XI Informatika.
  7. Yofandra Tri Novriansyah XI Kebumian.
  8. Lintang Caecaria Zahraningtyas Fahmi XI Kebumian.
  9. Rizqin Cheeta Savitri XI Kebumian.
  10. Adinda Triwulandari XI Geografi.

Kepala SMAN 2 Bondowoso, Bapak Drs. Jarimin, M.Pd menambahkan, “ bahwa perolehan hasil OSN ini suatu yang harus disyukuri apalagi bisa menempatkan SMAN 2 Bondowoso sebagai sekolah terbaik dan mendominasi hasil OSN di Kabupaten Bondowoso. Beliau juga menyampaikan bahwa pembinaan akan terus dilakukan karna tahap berikutnya akan membawa nama baik Kabupaten Bondowoso di OSN tingkat propinsi. Selamat dan sukses TIM OSN SMAN 2 Bondowoso dan semoga semakin berjaya ditingkat berikutnya.

SMA Negeri 2 Bondowoso | Jl. Letjend Suprapto 153 Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia | Telp: 0332 421822, Fax: 0332 431730



supported and maintenanced by Pusat Sumber Belajar (PSB) SMA Negeri 2 Bondowoso | panjisetioutomo