logo

SALURKAN 800 PAKET ZAKAT KEPADA ABANG BECAK DAN WARGA

zakat2024-3

Salah satu perintah ALLAH SWT kepada hambanya adalah dengan menunaikan zakat. Kewajiban membayar zakat fitrah adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan umat Islam dan hanya bisa dilakukan pada bulan Ramadhan. Zakat fitrah diharapkan akan menjadi penyempurna ibadah puasa bagi seorang muslim. Artinya Zakat fitrah menjadi penutup kekurangan-kekurangan puasa yang dilakukan oleh hamba-Nya, kecerobohan dan kelalaian dalam pelaksanaan puasanya, sekalipun itu disadari maupun tidak, ia telah mencederai pahala ibadah puasa, maka puasa menjadi penambal dan penyempurnanya.

Karena pentingnya ibadah melaksanakan Zakat, maka SMAN 2 Bondowoso melalui OSIS setiap tahun terus menggalang pengumpulan dan pendistribusian zakat yang berasal dari seluruh keluarga besar SMAN 2 Bondowoso. Pada ramadhan tahun 2024 ini, kegiatan dimulai dengan memberikan pengumuman oleh panitia zakat bahwa panitia siap untuk menerima dan menyalurkan zakat, yang dimulai pada tanggal 29 April 2024. Zakat bisa dalam bentuk beras maupun uang. Selanjutnya panitia juga berusa untuk melakukan pendataan terhadap warga sekitar dan juga warga dibeberapa tempat di wilayah bondowoso.

Pada tahun ini panitia berhasil mendistribusikan kurang lebih 800 paket zakat dengan berat 3 Kg. Bapak. M saleh, M.Pdi. selaku ketua pelaksana mengharapkan bahwa pelaksanaan Zakat Fitrah ini selain karna melaksanakan kewajiban agama juga bisa menambah rasa empati dan kepedulian terhadap sesama. Khususnya manambah rasa kepedulian kepada anak anak yang telah turun langsung menyerahkan zakat kepada warga masyarakat.

zakat2024-2

Distribusi zakat yang telah terkumpul kemudian dibagi menjadi 2 hari. Pada hari Rabu tanggal 4 April adalah hari pertama pembagian Zakat. Kegiatan dimulai pada jam 09.00 dengan mengundang sekitar 100 abang becak untuk menerima zakat di lapangan serba guna sekolah. Penyerahan zakat secara simbolis langsung dilakukan oleh Bapak JARIMIN M.Pd selaku Kepala sekolah kepada perwakilan Abang becak. Dalam sambuutannya Bapak Kepala Sekolah, Drs. Jarimin M.Pd memberikan apresiasi kepada segenap panitia yang telah berusaha melaksanakan amanah dengan sebaik baiknya. Kegiatan ini juga menunjukkan responsibilitas dan kepedulian seluruh panitia dan warga Smada untuk saling berbagi, saling tolong menolong sesuai dengan perintah agama. Pada kesempatan yang sama Bapak Jarimin berterimaksih atas kehadiran para abang becak dan juga mohon doa untuk kesuksesan sekolah dan anak anak dalam meraih cita cita yang diimpikan.

Setelah itu pembagian zakat dilanjutkan kepada warga yang berada di sekitar lingkungan SMAN 2 BONDOWOSO. Termasuk juga sebagian warga yang berada di kelurahan Badean, Desa Sukowiryo dan Kecamatan Curahdami dan terakhir di Desa Jambe Wungu Kecamatan Wringin. Turut berpartisipasi dalam kegiatan ini adalah pengurus OSIS didampingi oleh Bapak/ibu guru pembina yang bertugas serta tenaga kependikan. Petugas mendatangi rumah rumah warga yang telah ada di dalam data. Pada sekitar jam 17,00 WIB kegiatan distribusi zakat pada hari pertama ini selesai. Alhamdulilah seluruh kegiatan hari pertama bisa berjalan dengan baik dan lancar. 

zakat2024

SMA Negeri 2 Bondowoso | Jl. Letjend Suprapto 153 Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia | Telp: 0332 421822, Fax: 0332 431730



supported and maintenanced by Pusat Sumber Belajar (PSB) SMA Negeri 2 Bondowoso | panjisetioutomo